25 September 2011

siapin kopi dulu, this is gonna be long article…..

1. Pendahuluan
Finite State Machine pada dasarnya adalah melakukan pemecahan behaviour dari object/agen berdasarkan statenya. Dan nantinya juga harus didefinisikan aturan2x transisi sehingga state dapat berubah dari yg satu ke yang lain.

Contoh implementasi FSM di game yaitu di game Pacman, yaitu pada karakter musuhnya (ghost). 4 hantu yang dikenal dengan nama Pinky, Clyde, Blinky, dan Inky….
pac-man_t-shirt

23 September 2011

1. Pendahuluan
State Pattern merupakan salah satu bentuk dari design pattern yang memungkinkan sebuah objek merubah behaviournya ketika terjadi perubahan state.
Contohnya: pada objek lampu. Lampu punya dua buah state yaitu: on dan off. Kedua state tersebut punya struktur yang sama, tapi fungsinya jelas jauh berbeda. Satu lagi perbedaannya adalah bagaimana tiap state menrespon transisi. Untuk kasus lampu ini, transisinya adalah tombol on-off.
image

21 September 2011

FlFD


Di postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara agar Flash Develop bisa bekerja dengan Flash IDE.

Kenapa FD ama Flash IDE harus diitegrasikan? Sebenernya sih ga wajib, cm kalo diintegrasikan maka nanti proses debugging akan berjalan di FD bukan di Flash IDE, yang berarati debugging jadi lebih enak dan enteng karena fitur untuk debugging di FD lebih komplet daripada di Flash IDE. Juga yang ga kalah penting adalah di FD sudah ada fasilitas profiler, jadi bisa memantau memory yang dipake untuk nge-run aplikasi, ngeliat object yg ada di aplikasi apa saja, dll.

FDFx

Langsung saja, berikut ini step2x bgmana mengkonfigurasi Flash Develop agar bisa bekerja dengan Flex SDK.

1. Download Flash Develop dan Flex SDK nya dulu. Flash Develop & Flex SDK
2. Install Flash Develop
3. Extract .zip file hasil donlot an Flex SDK. Sebagai contoh, di sini sy extract Flex SDK tsb di G:\program files\Adobe\flex4.5.1

Sekedar share uneg-uneg mengenai tools yang bisa dipake buat mendevelop aplikasi atau game berbasis Flash…
catatan: review yang dituliskan di sini bersifat subyektif, jadi harap maklum kalo ternyata ga sesuai denga kondisi realnya…

jadi mari kita mulai saja:

1. Flash IDE
Fl
Lebih condong buat designer atau animator. Fitur untuk membuat gambar atau animasi komplit. Sedangkan untuk nulis code ga enak banget, udah berat,  fitur-fitur utama untuk ngoding juga banyak yang ga ada. Intinya sih ga recommended kalo buat programmer, cm kalo buat designer dan animator ya jadi tools wajib…

16 September 2011

Hello World!